Home » , » 10 Hewan Manakjubkan Yang Sudah Punah

10 Hewan Manakjubkan Yang Sudah Punah

Berikut ini adalah 10 binatang menakjubkan yang sudah punah

1. Tyrannosaurus rex



Tyrannosaurus rex adalah salah satu karnivora darat terbesar sepanjang masa, dengan panjang sampai 43,3 kaki dan tinggi sekitar 16,6 kaki serta perkiraan berat mencapai 7 ton.Seperti tyrannosaurids lainnya, Tyrannosaurus adalah karnivora berkaki dua dengan tengkorak besar diimbangi dengan ekor berat yang panjang.

Fosil T. rex sudah ditemukan dalam formasi batu Amerika utara yang berasal tiga juta tahun terakhir dari Periode Cretaceous di akhir tahap Maastrichtian, sekitar 68,5-65.500.000 tahun yang lalu.Lebih dari 30 spesimen T. rex telah diidentifikasi, beberapa di antaranya kerangka hampir lengkap.

2. Quagga: setengah zebra, setengah kuda



Salah satu binatang punah paling terkenal di Afrika adalah quagga,subspesies dari zebra, yang pernah ditemukan dalam jumlah besar di Provinsi Cape Afrika Selatan dan bagian selatan Orange Free State.Binatang ini beda dari jenis zebra lain karena hanya memiliki tanda zebra di bagian depan tubuhnya saja.Pada bagian pertengahan, garis-garis memudar dan gelap, ruang antar-garis menjadi lebih luas, dan bagian belakangnya berubah menjadi warna coklat polos.

Quagga liar terakhir di tembak sekitar tahun 1870-an, dan spesimen terakhirnya meninggal di penangkaran pada tanggal 12 Agustus 1883 di kebun binatang Artis Magistra di Amsterdam.

3. Thylacine: Harimau Tasmania



Harimau Tasmania adalah karnivora berkantung yang dikenal terbesar di zaman modern. Berasal dari Australia dan New Guinea, diperkirakan telah punah pada abad ke-20.

4. Sapi Laut



Sebelumnya ditemukan di dekat pantai Asiatic Laut Bering,pada pada 1741 oleh naturalis Georg Steller, yang bepergian dengan explorer Vitus Bering. Sapi laut tumbuh dengan panjang 7,9 meter (25,9 kaki) dan beratnya sampai tiga ton, jauh lebih besar daripada manatee atau dugong.

Hewan ini dinyatakan punah pada tahun 1768.

5. Irish Deer: rusa terbesar yang pernah hidup



Irlandia Elk atau Rusa Raksasa, adalah rusa terbesar yang pernah hidup. Ia tinggal di Eurasia.Spesies terakhir hewan ini diperkirakan hidup sekitar 5.700 BC, atau sekitar 7.700 tahun yang lalu.Rusa ini memiliki ukuran sekitar 2,1 meter atau 7 kaki tinggi sampai di bahunya,dan memiliki tanduk tanduk terbesar dari setiap cervid dikenal yakni sekitar 3,65 meters/12 meter dari ujung ke ujung dan beratnya mencapai 90 pon.

6. Caspian Tiger: terbesar ketiga

http://dailytorn.blogspot.com/


Caspian Tiger atau harimau Persia adalah subspesies harimau barat, ditemukan di Iran, Irak, Afghanistan, Turki, Mongolia, Kazakhstan, Kaukasus, Tajikistan, Turkmenistan dan Uzbekistan dan tidak terlihat lagi di tahun 1970-an. Dari semua harimau yang dikenal di dunia, harimau Caspian adalah terbesar ketiga.

7. Aurochs: jenis hewan ternak yang sangat besar

http://dailytorn.blogspot.com/


Salah satu binatang punah paling terkenal di Eropa, aurochs atau urus (Bos primigenius) adalah jenis hewan ternak yang sangat besar.Aurochs berkembang di India sekitar dua juta tahun yang lalu, bermigrasi ke Timur Tengah dan lebih lanjut ke Asia, dan mencapai Eropa sekitar 250.000 tahun yang lalu.

Hewan ini dinyatakan punah pada tahun 1627

8.  Great Auk

http://dailytorn.blogspot.com/


The Great Auk adalah satu-satunya spesies dalam genus Pinguinus yang bisa terbang.Jika berdiri,hewan ini memiliki tinggi sekitar 75 cm atau 30-34 inci dan berat 5kg.Bulunya berwarna hitam putih.

Hewan ini punah tahun 1844

9. Singa Gua :Cave Lion

http://dailytorn.blogspot.com/


Singa gua atau dikenal juga sebagai European or Eurasian cave lion, adalah subspesies singa yang punah kemudian diketahui keberadaannya melalui fosil.Subspesies ini adalah salah satu singa terbesar. Seekor jantan dewasa, yang ditemukan pada tahun 1985 dekat Siegsdorf (Jerman), memiliki tinggi bahu sekitar 1,2 m dan panjang 2,1 m tanpa ekor.

Hewan ini punah 2000 tahun yang lalu. 

10. Burung Dodo

http://dailytorn.blogspot.com/


Burung Dodo (Raphus cucullatus) adalah burung yang tidak dapat terbang yang hidup di pulau Mauritius.Burung ini berhubungan dengan merpati. Burung ini memiliki tinggi sekitar satu meter, pemakan buah-buahan, dan bersarang di tanah.

Dodo punah antara pertengahan sampai akhir abad ke-17. Kepunahannya sering dijadikan arketipe karena terjadi dalam sejarah manusia dan akibat aktivitas manusia.