Home » » Ilmuwan Temukan Cara Ubah Semen jadi 'Besi'

Ilmuwan Temukan Cara Ubah Semen jadi 'Besi'

detail berita


Ilmuwan menemukan formula untuk mengubah semen menjadi besi cair. Cara ini memungkinkan semen menjadi semi-konduktor dan membuka peluang untuk penggunaan perangkat elektronik.

Dilansir Sciencedaily, Selasa (28/5/2013), penggunaan perangkat elektronik konsumen ini bisa dimanfaatkan untuk bahan film tipis, pelapis pelindung serta chip komputer. "Material baru ini bisa digunakan untuk banyak aplikasi," ungkap Chris Benmore, Department of Energy's (DOE) Argonne National Laboratory Amerika Serikat.

Lebih lanjut ia mengatakan, formula baru ini bisa digunakan sebagai resistor film tipis untuk display kristal cair. Kristal cair ini umumnya digunakan untuk monitor komputer panel datar yang dipakai saat ini.

Perubahan ini menunjukkan cara yang unik untuk membuat bahan logam-kaca, yang memiliki atribut positif termasuk lebih tahan terhadap karat ketimbang logam tradisional. Selain itu, kerapuhan juga dapat dikurangi serta kemudahan dalam pengolahan dan pencetakan.

Sebelumnya, hanya logam yang mampu untuk bertransisi ke bentuk kaca-logam. Semen ini menggunakan proses yang dinamakan perangkat elektron.

"Fenomena menjebak elektron dan mengubah semen cair ke logam cair ditemukan baru-baru ini, namun tidak dapat dijelaskan secara rinci. Kini, kami tahu kondisi yang diperlukan untuk menciptakan elektron yang terperangkap dalam material. Kami bisa mengembangkan dan menguji material lain untuk menemukan apakah kami dapat membuat mereka menghantarkan listrik dengan cara ini," jelasnya.


Sumber : Okezone