Home » , » Unik, Ikan Ini Berdarah Transparan

Unik, Ikan Ini Berdarah Transparan

Lautan dalam menyimpan berbagai misteri kehidupan sekian lama. Sebelumnya, pada area ini telah ditemukan cumi-cumi dan ubur-ubur raksasa yang tampak seperti UFO. Dilansir Discovery Channel, 8 April 2013, peneliti Jepang telah menemukan ikan dengan darah berwarna transparan, tidak berwarna merah seperti ikan pada umumnya.


Ikan yang disebut Ocellated Ice Fish itu ditemukan hidup pada perairan beku Samudera Antartika pada kedalaman hingga satu kilometer, atau sekitar 3.300 kaki.

Sangat unik, tubuh ikan tersebut kekurangan protein penting yang mengangkut darah pada semua jenis vertebrata. Satu hal lain, ikan ini diketahui juga tidak memiliki hemoglobin.


Hemoglobin merupakan protein yang ditemukan dalam setiap hewan yang memiliki tulang. Protein inilah yang membuat darah merah dan merupakan agen yang membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Saat ini, ikan langka yang bersisik itu telah ditangkar di aquarium khusus Tokyo Sea Life Park. Mengapa ke Jepang?

Satoshi Tada, spesialis pendidikan pada akuarium pusat itu mengatakan, informasi mengenai ikan tersebut masih minim, karena itu spesies unik ini dibawa kembali ke Jepang.


"Untungnya, kami memiliki jantan dan betina. Dan mereka beranak pada bulan Januari," kata Tada.

Para peneliti percaya, ikan itu bisa hidup tanpa hemoglobin karena memiliki jantung yang besar dan menggunakan plasma darah untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuhnya.

Kulitnya juga dianggap mampu menyerap oksigen dari perairan kaya Antartika.

Misteri yang masih didalami peneliti yaitu soal mekanisme evolusi ikan ini sehingga darah transparan mengalir melalui pembuluh darah.

"Mengapa ikan kehilangan hemoglobin? Perlu banyak penelitian untuk menjawab pertanyaan ini," ujar Tada.


Sumber : Viva forum