Home » » 10 Batu Mulia Termahal Di Dunia

10 Batu Mulia Termahal Di Dunia

Akhir-akhir ini di negara kita lagi heboh soal batu akik. Sampai-sampai kakak ku juga sudah kena virus. Kadang aku penasaran, batu apa sih yang paling mahal di dunia.

Sejak berabad-abad lalu, permata dan perhiasan telah digunakan sebagai refleksi dari kekayaan seseorang dan status dalam hidup. Cleopatra memiliki perhiasan yang terkenal, yang semuanya bertatahkan batu permata yang mahal. Batu dan warnanya sangat beragam, tapi kelangkaan yang menentukan harga batu tersebut.

Berikut adalah daftar dari beberapa item yang benar-benar langka dan membuat harganya selangit.

10. Jeremejevite ($2000/karat)

http://dailytorn.blogspot.com/

Batu permata ini sebenarnya terbuat dari mineral aluminium borat dengan fluoride dan ion hidroksida. Pavel Vladimirovich Eremeev adalah orang yang pertama kali menemukannya di Siberia. Sebagian besar batu ini berwarna biru atau kuning. Versi berwarna putih dan tak berwarna dari permata ini juga telah ditemukan. Jeremejevite sejak itu telah ditemukan di daerah lain juga, terutama di Namibia, distrik Eifel di Jerman dan daerah Pamir Gunung di Tajikistan.

9. Opal Hitam ($2.355/karat)

http://dailytorn.blogspot.com/

Opal adalah batu permata nasional Australia, yang menghasilkan 97 persen dari pasokan dunia. Bagian selatan negara itu sendiri menghasilkan 80 persen dari semua opal di dunia. Opal bukan mineral, karena sebenarnya merupakan bentuk amorfis dari silika yang berkaitan dengan kuarsa. 20% berat batu ini terdiri dari air. Struktur dalam opal membuatnya mampu menyebarkan cahaya; tergantung kondisi tempat batu ini terbentuk yang membuatnya dapat memunculkan berbagai warna. Warna opal bervariasi mulai dari jernih sampai putih, abu-abu, merah, jingga, kuning, hijau, biru, magenta, mawar, slat, zaitun, cokelat, dan hitam. Dari warna-warna tersebut, Opal hitam adalah yang paling langka dan paling mahal, sementara putih dan hijau sangat umum. Batu juga telah ditemukan di Brasil, Meksiko, Amerika Serikat, Mali dan Ethiopia.

8. Bixbite ($10.000/karat)

http://dailytorn.blogspot.com/

Batu permata ini juga dikenal sebagai batu zamrud beryl merah. Hal ini sangat langka dan ditemukan hanya dalam beberapa tempat di Utah, seperti Juab dan distrik Beaver County, dan di Sierra County di New Mexico. Sebagian besar beryl merah yang berkelas permata dapat ditemukan di Violet Claim. Orang yang pertama kali menemukan batu ini adalah Lamar Hodges da menemukannya secara tidak sengaja. Dia adalah seorang pencari mineral yang benar-benar mencari uranium ketika ia tersandung pada beryls merah.

7. Musgravite ($35.000/karat)

http://dailytorn.blogspot.com/

Batu permata ini sebenarnya adalah mineral silikat yang pertama kali ditemukan di Australia di daerah yang disebut Musgrave.Mineral ini juga dapat ditemukan di Madagaskar, Greenland dan Sri Lanka, tapi itu masih dianggap sangat langka. Sejumlah jejak aluminium, berrylium dan magnesium juga hadir dalam batu ini.

6. Painite ($50.000/karat)

http://dailytorn.blogspot.com/

Batu ini pertama kali ditemukan pada tahun 1950 oleh orang Inggris Arthur C. Pain. Painite adalah material borat langka. Memiliki bentuk segi enam alami dan memiliki warna oranye-merah atau merah kecoklatan. Sejumlah jejak besi, vanadium dan kromium hadir dalam batu ini. Meskipun tergolong batu paling langka di dunia, batu ini juga sudah ditemukan di Myanmar baru-baru ini.

5. Grandidierite ($100.000/karat)

http://dailytorn.blogspot.com/

Alfred Grandidier adalah seorang sejarawan alam terkenal di dunia arkeologi untuk penemuannya di Madagaskar tentang kerangka dan sisa-sisa burung gajah yang beratnya setengah ton dan telah punah selama ribuan tahun. Dia juga terkenal di dunia gemologi karena menemukan batu langka di Sri Lanka yang memancarkan cahaya berwarna biru, hijau dan putih. Awalnya, mereka mengira itu adalah batu serendibite , tapi setelah dicermati lebih dekat, gemologis menyimpulkan bahwa itu adalah batu yang sama sekali baru. Batu itu kemudian dinamai Grandidierite yang diambil dari nama penemunya.

4. Garnet Biru ($1,5 juta/karat)


http://dailytorn.blogspot.com/

Ada banyak jenis garnet di pasar. Anda dapat menemukannya dalam berbagai warna, dari hitam, coklat, hijau, oranye, merah muda, ungu, merah dan kuning. Bahkan ada beberapa garnet yang tidak memiliki warna. Namun tiada yang dapat menandingi harga garnet biru. Batu permata ini ditemukan di Madagaskar pada tahun 1990-an, walaupun saat ini juga ditambang di Rusia, Amerika Serikat dan Turki. Meskipun batu ini memiliki warna hijau biru, jumlah vanadium yang melimpah dalam batu membuatnya memancarkan rona keunguan ketika didekatkan dengan lampu pijar.

3. Serendibite ($1.8-2 juta/karat)


http://dailytorn.blogspot.com/

Batu permata serendibite adalah mineral yang sangat langka yang mengandung boron. Hanya dua daerah yang dikenal menghasilkan serendibite berkualitas, yaitu Ratanapura di Sri Lanka dan Mogok di Myanmar utara. Sebagian besar serendibites ditemukan berwarna biru kehijauan, biru keabu-abuan atau kuning pucat dengan garis putih.

2. Berlian Merah ($2 juta-2,5 juta/karat)


http://dailytorn.blogspot.com/

Batu permata ini sangat langka. Sebenarnya sebagian besar berwarna merah keunguan, bukan merah tua atau merah murni. Sebuah perusahaan tambang yang berlokasi di Australia menemukan hanya sejumlah kecil berlian merah setiap tahun. Berlian ini kemudian di lelang sekali setiap beberapa tahun.

1. Jadeite ($3 juta/karat)


http://dailytorn.blogspot.com/

Batu permata ini sebenarnya adalah mineral piroksen, biasanya berwarna apel hijau, zamrud hijau, hijau kebiruan atau hijau daun bawang. Ada juga beberapa yang berwarna putih kehijauan atau putih dengan beberapa bintik-bintik hijau. Semakin terang warna hijaunya, semakin mahal harganya. Jadeite berwarna biru kehijauan tua yang memancarkan rona tembus pandang juga telah ditemukan di Guatemala.

0 komentar:

Post a Comment