Home » , » Hewan Berbentuk Harpa Ditemukan di Dasar Laut

Hewan Berbentuk Harpa Ditemukan di Dasar Laut


detail berita
Chondrocladia lyra (foto: Live Science)
Hewan pemakan daging dari spesies porifera ditemukan di laut dalam California Monterey Bay. Bentuknya yang uniknya membuatnya disebut sebagai harp sponge atau spons harpa.

Dilansir dari Live Science, Jumat (9/11/2012), spesies pemakan daging tersebut pertama kali ditemukan oleh sebuah kelompok dari Monterey Bay Research Aquarium Institute di California pada 2000 silam. Spons itu hidup di kedalaman 3,5 kilometer di bawah permukaan laut.

"Kami sangat terpesona. Sebelumnya tidak ada yang pernah melihat hewan ini dengan mata kepalanya sendiri," ujar ahli biologi invertebrata di institut penelitian itu, Lonny Lundsten.

Kemudian mereka mengumpulkan dua spons dan membuat video pengamatan. Perbandingan dengna spons karnivora lainnya mengonfirmasi bahwa hewan bernama latin Chondrocladia lyra ini merupakan spesies baru.

Spons tersebut memiliki bentuk layaknya sebuah harpa dan berpegangan pada endapan lembut di dasar laut menggunakan akar.Tentakelnya mirip dengan kawat-kawat yang menjulang dan menangkap hewan-hewan kecil yang melewatinya.

Ketika hewan-hewan kecil yang melintas telah tertangkap tentakel spons harpa ini, maka sebuah membran tipis akan membungkusnya dan pelan-pelan mulai mencernanya.