Home » » Video Hewan Pengerat Pecahkan Rekor Lompatan Terjauh

Video Hewan Pengerat Pecahkan Rekor Lompatan Terjauh


detail berita
Truffles (Foto: Uproxx)
Guinea pig atau yang biasa disebut tikus belanda dalam bahasa Indonesia, merupakan hewat pengerat bertubuh besar yang umumnya menjadi hewan peliharaan keluarga. Truffles, nama salah satu hewan pengerat ini berhasil memecahkan rekor Guinness World Records dengan melompat sejauh 48 centimeter.

Melalui video yang diunggah ke Youtube, Truffles melompat dari satu balok ke balok yang lain sepanjang 48 centimeter. Jarak lompatan ini tercatat paling jauh, mengalahkan rekor tikus belanda sebelumnya, yang mampu melompat sejauh 30 centimeter.

Dilansir Digitalspy, Senin (12/11/2012), tikus belanda ini mengalahkan rekor lompatan sebelumnya (11,8 inci atau 30 centimeter). Truffles mencatatkan dirinya sebagai tikus belanda dengan lompatan terjauh di Guinness World Records edisi 2013.

Video Truffles di Youtube berdurasi 44 detik ini telah ditonton oleh lebih dari 20 ribu pemirsa sejak pertama kali video itu diunggah pada akhir bulan lalu. Pemiliknya, Chloe Macari (14 tahun) mengungkapkan bahwa hewan miliknya mampu melompat dengan jauh, karena dipancing makanan favoritnya.

Percobaan hingga mencapai jarak terjauh 48 centimeter ini telah dilakukan secara bertahap. Menurut orang tua Chloe, Truffles telah mencoba selama lebih dari 25 kali. Pertama, hewan pengerat berusia empat tahun ini mampu mencapai lompatan sejauh 30 centimeter, kemudian 45 centimeter dan kini 48 centimeter.

Wikipedia menerangkan, tikus belanda adalah spesies hewan pengerat yang masuk ke dalam famili Caviidae dan genus Cavia. Tikus belanda tidak berasal dari Belanda, tetapi berasal dari wilayah Andes. Hewan ini banyak dijadikan hewan peliharaan oleh manusia.