Home » » Video Lumba-Lumba Minta Bantuan ke Manusia

Video Lumba-Lumba Minta Bantuan ke Manusia


detail berita


Lumba-lumba dikenal sebagai mamalia laut yang cerdas. Hewan yang hidup di laut ini ternyata dapat "berkomunikasi" dengan manusia, ketika ia memerlukan bantuan.

Dilansir Scotsman, Jumat (25/1/2013), sebuah video yang diunggah ke YouTube, menampilkan lumba-lumba yang meminta bantuan kepada penyelam. Diketahui bagian tubuh lumba-lumba tersebut mengalami luka akibat tusukan kail pemancing dan hewan tersebut "meminta" penyelam untuk melepaskan besi pancingan tersebut dari tubuhnya.

Setelah melihat gerak-gerik lumba yang aneh, instruktur selam Keller Laos menyadari bahwa terdapat kail yang tertanam dalam bagian sirip lumba-lumba tersebut. "Cara dia datang tepat dan mendorong dirinya ke arah saya, menunjukkan lumba-lumba itu meminta bantuan," tutur Keller.

Video tersebut menampilkan Keller yang mencoba melepaskan kail yang menancap pada bagian sirip lumba-lumba. Aksi penyelamatan itu berlangsung sekira delapan menit di lepas pantai Hawaii.

"Saya mencoba untuk membuka (kail) tersebut. Saya mendapat kail pancing keluar dari sirip dada bagian atas. Ada sebuah line (tali pancing) yang keluar dari mulutnya," kata Laros.

Ia menceritakan, dirinya khawatir bila ia menarik tali pancing tersebut, mungkin akan menyakitinya. Sehingga, ia berinisiatif memotong tali pancing dan membukanya.

Dalam proses penyelamatan tersebut, mamalia laut tersebut menunggu dengan tenang. "Saya telah bertemu dengan lumba-lumba bottlenose beberapa kali dan mereka merupakan hewan yang pintar," ungkap Keller.