Home » , » Objek Misterius Terangi Langit Iowa,UFO Atau Meteor?

Objek Misterius Terangi Langit Iowa,UFO Atau Meteor?

http://dailytorn.blogspot.com/
Objek terang di langit Iowa

Bola api raksasa melesat di langit Iowa, Amerika Serikat pada Kamis malam sekitar 17:30 waktu setempat. Nyala terangnya tertangkap sebuah kamera CCTV.

Sejumlah orang berspekulasi soal apa gerangan bola cahaya itu: meteor ataukah UFO. Situs NBC News, misalnya, mengunggah artikel video berjudul. "UFO or meteor? ‘Fire ball’ lights up Iowa sky" -- UFO atau meteor? bola api menyala di langit Iowa.

Sementara, seperti dimuat News.com.au, diduga bola cahaya tersebut adalah meteor.
Video yang diposting di YouTube terkait penampakan bola cahaya itu menyebut dari mana rekaman itu diambil. "Dari rekaman keamanan North Liberty Streets Department."

Warga menulis di media sosial, Twitter dan Facebook, menggambarkan penampakan cahaya yang juga terlihat di bagian Minnesota, Missouri, Wisconsin, Nebraska, dan South Dakota.

American Meteor Society, sebuah organisasi nirlaba yang mengumpulkan informasi mengenai kemungkinan penampakan meteor, mengatakan sekitar 460 orang melapor melihat bola api dekat perbatasan Iowa dan Minnesota.

"Digambarkan sebagai bola api terang seperti Matahari yang terpecah menjadi banyak bagian," demikian menurut situs American Meteor Society.

"Beberapa saksi melaporkan terkadinya efek sonik yang terkait dengan meteor setidaknya tiga laporan suara mirip ledakan."

Sebelumnya, peristiwa ledakan meteorit di langit Kota Chelyabinsk, Pegunungan Ural, Rusia mewarnai pemberitaan di tahun 2013.


Peristiwa itu sama sekali tak terduga. Sebab, para astronom dunia dan pemindai laingit sedang fokus pada Asteroid 2012 DA14 yang melayang "nyaris" menyenggol bumi, berjarak sekitar 27.000 kilometer. Titik terdekatnya berada di atas Indonesia.

Kedua insiden yang melibatkan benda langit itu terjadi hanya selang hitungan jam. Ledakan meteorit pada 15 Februari 2013 itu menyebabkan lebih dari 1.000 orang terluka.

Sumber : liputan6