Home » » Manusia Akan Buat Rumah di Bulan

Manusia Akan Buat Rumah di Bulan

Manusia akan buat rumah di bulan


Impian manusia agar dapat hidup di luar angkasa nampaknya akan segera menjadi kenyataan. Saat ini, para ahli sedang memikirkan cara agar bulan bisa dijadikan bumi kedua.

Seperti yang dilansir oleh BBC (1/2), sebuah printer 3D akan dikirim ke bulan untuk membuat bangunan yang bisa kita tinggali. Printer yang dioperasikan oleh robot ini akan memanfaatkan regolith, tanah bulan, untuk digunakan sebagai bahan baku pembuatan bangunan ini.

Direncanakan pembangunan ini akan dilaksanakan di kutub utara bulan. Hal ini dimaksudkan, selain kayanya kandungan air di sana, struktur ini akan mampu menaungi empat orang yang nantinya akan tinggal di sana.

Rencana ini bermula pada 2010 ketika sebuah tim peneliti dari Washington State University mulai menemukan regolith. Menurut mereka, regolith ini terbuat dari silikon, aluminium, kalsium, iron dan magnesium oksida yang bisa digunakan oleh printer 3D untuk membuat suatu struktur yang kokoh.

Hal ini kemudian menarik minat beberapa organisasi termasuk European Space Agency untuk mewujudkan rencana ini. Maka, dilakukanlah segala upaya untuk mewujudkan cita-cita tersebut.

Salah satunya adalah dengan cara melakukan uji coba printer 3D ini dalam cuaca ekstrem layaknya di bulan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar kemungkinan suksesnya rencana ini.

Printer 3D sendiri merupakan teknologi terkini di dunia percetakan digital. Melalui printer 3D ini, segala macam benda bisa dibuat sesuai dengan bentuk aslinya di dunia nyata.

Sumber: Merdeka.com