Home » » Piramida Mesir Berusia 3.300 Tahun Ditemukan

Piramida Mesir Berusia 3.300 Tahun Ditemukan


detail berita
Ilustrasi
Sebuah piramida yang diyakini telah ada sejak 3.300 tahun lalu ditemukan di wilayah Luxor, Mesir. Tim ilmuwan dari Belgia beserta peneliti dari university Brussels and Liege menemukan piramida kuno yang terbuat dari batu bata-lumpur tersebut.

Dilansir Sfgate, Jumat (22/2/2013), piramida ini diperkirakan milik seorang wazir (perdana menteri) atau penasihat senior yang disebut Khay. Berdasarkan tanda yang ditemukan pada batu-bata piramida, Khay diyakini pernah bekerja di bawah pemerintahan Firaun Ramses II sekira 1279-1213 sebelum masehi.

Perdana menteri merupakan pejabat tertinggi di bawah Firaun. Khay mengawasi para pekerja yang bertugas membangun makam kerajaan di Lembah Para Raja dan Lembah Para Ratu.

Khay dikenal dikenal para Egyptologists melalui banyak dokumen sejarah. Piramida ini letaknya di Luxor Tepi Barat - lokasi kota kuno Thebes.

Menurut peneliti dari Universite Libre de Bruxelles dan Universite de Liege, piramida ini awalnya berdiri sekira 49 kaki. "Terletak di atas bukit, menghadap ke kuil peringatan Ramses II, piramida ini menjadi tanda mengesankan dari lanskap Theban," tutur peneliti.

Bata lumpur telah tertutup plester putih dan dibatasi oleh batu penjuru (capstone) kecil atau pyramidion. Selain itu, piramida ini juga dihiasi dengan gambar pemilik makam yang memuja dewa matahari, Ra-Horakhty.

Sumber: Okezone.com