Home » » Ikan Tanpa Mata Ditemukan di Gua Vietnam

Ikan Tanpa Mata Ditemukan di Gua Vietnam

detail berita
Draconectes narinosus

Seekor ikan penghuni gua yang tidak memiliki mata dan sisik telah ditemukan di sebuah pulau kecil di Ha Long Bay, Vietnam. Ikan itu diberi nama Draconectes narinosus.

Dilansir dari Live Science, Senin (3/12/2012), nama untuk ikan tersebut diambil dari bahasa latin drakon dan necter yang berarti naga dan perenang. Ketiadaan mata serta sisik merupakan cara beradaptasi yang umum dilakukan untuk hewan yang berevolusi di kegelapan gua kapur.

Seperti halnya ikan gua lain, Draconestes narinosus hidup terbatas di wilayah air tawar. Hal tersebut berarti ikan itu terisolasi di dalam gua di pulau Van Gio, tidak dapat berenang keluar wilayah yang dikelilingi lautan.

Para peneliti bersama Flora & Fauna International merasa kagum bahwa ikan tersebut telah bertahan hidup di daerah yang kecil sebagai habitatnya. Air tawar di pulau Van Gio tersebut hanya berjarak sekira 200 meter dari air asin.

Para peneliti belum mengetahui apakah ada spesies sejenis di pulau terdekat atau jenis tersebut merupakan satu-satunya yang ada di sana. Draconectesis adalah genus atau marga terbaru yang ditemukan.

Sumber: Okezone.com