Home » » Penampakan Huruf "S" Terlihat Radar Di Australia

Penampakan Huruf "S" Terlihat Radar Di Australia

Citra misterius berbentuk huruf "S" yang terpantau radar Australia

Penampakan aneh tertangkap radar milik Biro Cuaca Australia, Rabu petang kemarin. Berupa formasi bentuk S besar yang terlihat di langit di atas perairan lepas pantai Australia Barat, sekitar 30 kilometer barat Pulau Rottnest. 

Dari penampilannya, formasi itu mirip gumpalan awan. Namun, dalam wawancara dengan ABC, ahli meteorologi Neil Bennett menepis dugaan tersebut. "Awan tidak membentuk huruf S atau bentuk seperti itu," kata dia, seperti dimuat News.com.au, Kamis (13/2/2014).  

Bennett menjelaskan, radar yang menangkap fenomena itu adalah perangkat yang digunakan untuk mendeteksi curah hujan. "Pada dasarnya, radar dipancarkan untuk mendeteksi tetesan hujan atau partikel hujan es," kata dia.  

Sumber yang mengetahui benar soal fenomena cuaca mengatakan, bentuk tersebut biasa terlihat dalam radar cuaca. Kadang ditimbulkan sekelompok burung yang terbang dan membentuk formasi tertentu atau kerumunan jutaan serangga yang terbang bersama.  

Soal kemungkinan keterkaitannya dengan kegiatan militer, Departemen Pertahanan Australia tak merespons pertanyaan apakah operasi di Samudera Hindia mungkin jadi penyebab formasi itu.

Di media sosial, formasi tersebut tenar dengan julukan ‘Rott Nest Monster’ -- Monster Rott Ness -- yang sepintas kedengaran mirip Loch Ness alias Nessie.  Loch Ness adalah salah satu dari hewan mistis legendaris. Monster ini kali pertama diklaim terlihat di Danau Loch Ness, Skotlandia.  

"Bagus, hewan peliharaan kami #RottNessMonster menghindar dari nasib tragis jadi umpan hiu. Namanya Susan dan dia suka makan plankton," canda organisasi WA Weather Group dalam akun Twitternya.  

WA Weather Group menawarkan sejumlah alternatif penjelasan ilmiah terkait fenomena tak biasa itu: formasi awan, burung, Karman vortex, atau akibat aktivitas pengendalian cuaca.

Apa sebenarnya penyebab formasi 'S' tersebut masih jadi misteri. Jika versi mateorolog bilang itu bukan awan, mungkin hal serupa juga berlaku pada dugaan bahwa itu adalah Loch Ness. Tak mungkin.  

Gary Campbell, pemerhati fenomena Loch Ness menduga, monster itu telah mati atau setidaknya hilang. Campbell mencatat penampakan Nessie selama 17 tahun terakhir dan telah mengumpulkan daftar dari penampakan yang terjadi sejak 1.500 tahun lalu.  

"Ini berita yang sangat menjengkelkan -- kita tidak tahu ke mana dia pergi," kata dia. "Jumlah penampakan berkurang drastis sejak pergantian abad. Ini kali pertamanya, dalam hampir 90 tahun, Nessie tak terlihat sama sekali," kata Campbell.

0 komentar:

Post a Comment