Home » » 9 Rekor Dunia Ikan Terbesar Yang Pernah Tertangkap

9 Rekor Dunia Ikan Terbesar Yang Pernah Tertangkap

Setiap pemancing pasti memimpikan menangkap ikan monster besar yang akan mengukir namanya selama dalam sejarah pemancingan dunia.Sebagian besar dari kita pasti berpikir bahwa kita tidak akan pernah menangkap ikan monster tersebut.

Tetapi beberapa orang telah berhasil mendapatkan ikan-ikan raksasa tersebut bahkan telah mendapat sertifikasi oleh International Game Fish Association sebagai rekor dunia.

Jadi, untuk menginspirasi para pemancing,berikut 9 rekor dunia ikan monster yang pernah tertangkap


9. Blue Catfish


Rekor dunia untuk lele biru (Ictalurus furcatus) berhasil di dapatkan oleh Greg Bernal pada tanggal 21 Juli 2010.Ia mendapatkan ikan ini dengan batang dan reel di Sungai Missouri. Ikan ini memiliki panjang 57 inch, ketebalan 45 inch dan berat 130 pon sudah cukup mematahkan rekor dunia untuk penangkapan ikan lele biru sejenis yang juga ditemukan di Missouri.

8. Giant Trevally


Keiki Hamasaki di Kagoshima, Jepang berhasil menangkap ikan giant grevally (Caranx ignoblis) seberat 160 pon 7ons pada tanggal 22 Mei 2006. Dia memerlukan waktu 35 menit untuk menaklukkan ikan ini.

7. Giant Tigerfish


Giant Tigerfish (Hydrocynus goliath) ditemukan di sungai-sungai sekitar afrika tengah. Ikan ini lebih dikenal karena giginya yang berukuran raksasa. Giginya yang berukuran sangat besar itu dapat menggigit apa saja, termasuk anggota badan manusia. Siapapun yang berhasil menaklukan ikan ganas ini, dia adalah orang yang bernyali besar. Rekor dunia untuk penangkapan ikan ini diciptakan oleh Raymond Houtmans. Seperti terlihat dalam gambar, dia berhasil menangkapnya pada 9 juli 1988 dengan spesifikasi berat 97 pons setelah ditimbang.

6. Alligator Gar


Alligator Gar (Atractosteus spatula) biasanya dapat ditemukan di bagian tenggara amerika serikat, tapi kadang mereka juga dapat ditemukan sejauh selatan Veracruz, Mexico. Menangkap ikan ini dianggap sangat bergengsi, karena secara historis ikan ini bernilai jual tinggi juga karena menaklukan ikan ini amat berbahaya. Seperti yang terlihat dalam gambar, Alligator Gar berhasil ditangkap oleh Paul Morris dengan tusukan anak panah. Paul Morris adalah anak dari Johnny Morris, CEO dari perusahaan Toko Pancing Pro Shops.Ikan ini memiliki berat 230 pon.

5. Largemouth Bass


Di utara amerika, rekor penangkapan ikan the Largemouth Bass dianggap sebagai yang suci. Dan memang paling banyak dicari para fisherman. Rekor penangkapan terakhir untuk ikan ini diciptakan oleh Manabu Kurita, pada 2 juli 2009 di Danau Biwa Dekat Tokyo dengan berat 22 pons 4 ons.

4. Mekong Giant “Grizzly Bear” Catfish (Pangasianodon gigas)


Pada 1 Mei 2005, nelayan di Thailand utara menjaring ikan yang menurut ilmuwan,kemungkinan ikan ini adalah ikan air tawar terbesar yang pernah tercatat. Dengan panjang 9 kaki dan berat 646 pon, ikan besar ini hampir menyamai ukuran beruang grizzly dewasa. Sejak diketahui bahwa spesies ini tidak berbahaya, si nelayan penangkap mencoba untuk memelihara ikan ini, namun tidak berhasil. Hingga pada akhirnya ikan ini disantap beramai-ramai oleh masyarakat setempat.

3. Ikan Pedang (Swordfish) 


Swordfish (Xiphias gladius) berhasil ditangkap oleh Lou Marron di lepas pantai Iquique, Chile. Ikan besar ini  mendarat setelah pertarungan panjang selama 2 jam. Setelah ditimbang dan diukur, Swordfish memiliki panjang 179,25 inch dan berat 1182 pon. Sampai sekarang, ikan besar ini masih dipamerkan di Museum International Game Fish Association Fishing Hall Of Fame Miami, Florida.

2. Atlantic Blue Marlin


Pada Feburary 29, 1992, setelah pertempuran 80 menit, Paulo Amorim sukses mendaratkan ikan Blue Marlin besar (Makaira nigricans) di daerah pantai Vitória, Brazil yang ternyata memiliki berat 1402 pons.

1. Atlantic Bluefin Tuna


Ken Fraser seorang pemancing andal, berhasil menangkap ikan Atlantik Tuna Sirip Biru (Thunnus thynnus) di Aulds Cove, Nova pada 26 Oktober 1979 silam. Ia menaklukan ikan seberat 1.496 pon itu dalam waktu 45 menit yang melelahkan. Ken Fraser juga memiliki sebuah website yang ia gunakan untuk menjajakan buku yang isinya memuat bahasan ragam ikan yang berhasil ia tangkap.

Sumber :  totalprosports.com