Home » » Awan Mirip Kapten Jack Sparrow Muncul Di Inggris

Awan Mirip Kapten Jack Sparrow Muncul Di Inggris


Seorang fotografer bernama Adam Burke menangkap fenomena alam yang sangat unik. Dia berhasil memotret gumpalan awan yang terlihat menyerupai tokoh Kapten Jack Sparrow dalam film Pirates of the Caribbean.

Burke tanpa sengaja melihat fenomena langka ini dan mempublikasikan dengan kamera fotonya. Gumpalan awan ini terlihat mirip sekali dengan tokoh bajak laut yang diperankan oleh Johnny Depp dalam film garapan Disney tersebut.

"Saya sedang dalam perjalanan pulang dari pesta ulang tahun ketika saya berhenti di jalan Chester Road dan saya melihat awan itu seperti wajah yang sangat menyeramkan,” ujar Burke, seperti dikutip Metro, Jumat (16/8/2013).

Ahli saraf dari University College London, Prof Sophie Scott, mengatakan bahwa hal-hal aneh yang sering dilihat seperti wajah di langit itu lebih berkaitan dengan harapan diri sendiri untuk dapat melihatnya ada.

"Ada hal-hal dimana otak mengharapkan untuk melihat sesuatu pada suatu objek. Sehingga, jika kita melihat bentuk seperti wajah di awan, itu mencerminkan harapan kita," ungkapnya.

Fenomena yang biasa dikenal dengan pareidolia ini sering terlihat pada benda bergerak atau yang terlihat samar. Tetapi, juga dapat dilihat pada benda mati.




Kejadian serupa juga terjadi pada Maret silam, dimana sebuah gereja di AS yang memiliki eksterior tampak seperti sebuah karakter dari Angry Birds.