Home » , » 7 Penampakan UFO Tahun 2013 Yang Membuat Heboh

7 Penampakan UFO Tahun 2013 Yang Membuat Heboh


UFO (unidentified flying object) makin sering menampakkan dirinya di Bumi pada 2013. Menurut, kelompok peneliti UFO, Ufology Research, penampakan UFO meningkat dua kali lipat dalam satu tahun belakangan, terutama di negara Kanada.  

Kelompok itu mencatat, di antara 2011 dan 2012, sudah ada 1.000 penampakan benda-benda tak dikenal di langit. Di 2012, jumlahnya meningkat menjadi 1.981 kali. Jika dirata-ratakan, ada sekitar lima penampakan dalam sehari, seperti diberitakan Huffington Post.  

Ufology Research juga menyampaikan alasan utama mengapa penampakan UFO meningkat. Pertama, banyak penerbangan militer yang dilakukan diam-diam pada suatu daerah. Kedua, orang lebih sadar terhadap penampakan UFO.  

Kemudian ketiga, semakin banyak bermunculan komunitas-komunitas online pencinta UFO. Anggota-anggotanya banyak dan siap meluangkan waktu untuk mendeteksi UFO di langit Bumi.  Berikut 10 penampakan UFO yang tercatat di 2013:  

1. Penampakan UFO 'Oval' di Langit California  

Pada 7 Mei 2013 lalu, seorang fotografer asal San Diego, Amerika Serikat, Ellen Henry, berhasil mengambil gambar penampakan benda aneh yang diyakini sebagian orang sebagai UFO.  Awalnya Henry, yang juga menjadi anggota Santee Historical Society (SHS), sedang mengambil gambar di sebuah gudang bersejarah yang memiliki nama Edgemoor, di Santee, California, AS.  

"Tepatnya siang hari, saya sedang mengambil gambar di depan gudang Edgemoor. Saya mulai memperhatikan keadaan gedung, mulai dari atas, bawah, sampai ke langit. Lalu, tiba-tiba ada suara pesawat terbang dan saya melihat sesuatu di langit dan memfotonya," ungkap Henry.  

Banyak yang beranggapan apa yang dilihat Henry adalah sebuah pesawat terbang. Berdasarkan keterangan dari Stasiun Udara Korps Marinir, gudang Edgemoor berada di bawah beberapa jalur penerbangan komersil.  

Tapi, Henry segera membantah kalau apa yang ia lihat bukan pesawat terbang komersil atau pesawat tanpa awak (drone). "Saya sangat jelas mendengar suara UFO itu. Tidak ada drone yang berbentuk bulat atau oval," tegas Henry.  

2. Heboh UFO Masuk ke Kawah Gunung Berapi di Meksiko  

Sebuah objek terbang misterius yang diduga UFO kembali terdeteksi pada 30 Mei 2013. Kali ini video kamera menangkap gambar UFO di sekitar area gunung api, Papocatepetl, Meksiko.  

Objek benda misterius berwarna putih itu terlihat terbang mendekati puncak gunung, melambatkan laju dengan bergerak melingkar. Setelah itu, objek masuk kawah gunsung berapi dan menghilang.  Sejak disiarkan dalam televisi lokal, FOROtv, video UFO itu kemudian menjadi perbincangan hangat di Meksiko.  

Penampakan objek misterius di sekitar kawah gunung api itu tercatat bukan pertama kalinya. Tahun lalu, sebuah video yang menampakkan objek terbang berbentuk cerutu dirilis, tapi para ahli menyatakan video penampakan palsu. 

3. Benda Misterius Tertangkap Kamera di Langit Belanda  

Pada Mei 2013 lalu, penampakan objek yang diduga UFO muncul di langit Belanda. Seorang fotografer lokal tertegun ketika melihat pesawat terbang misterius di foto-foto hasil jepretannya di Benteng Muiderslot, Amsterdam.  

Dengan menggunakan kamera High Dynamic Range (HDR), Federer pun mulai menjepretkan kameranya. Namun, di tengah-tengah aktivitasnya, keanehan terjadi. Ketika ia sedang mengecek hasil jepretannya, terdapat objek misterius yang tampak melesat di atas benteng.  

"Saat mengambil foto saya tidak mendengar apa-apa. Tapi, ketika saya melihat hasil foto ada sesuatu yang agak menyeramkan," kata Federer. 

4. Pria di China Temukan Alien Terjebak di UFO  

Seorang pria asal Cina, Li, telah memposting foto-foto dirinya yang sedang berada di samping alien. Berdasarkan pengakuan Li, alien itu didapati terperangkap di dalam sebuah UFO yang mengalami kecelakaan, tak jauh dari rumahnya. 

Li mengklaim sempat melihat formasi UFO di langit di sepanjang Sungai Kuning di Provinsi Shangdong Binzhou, pada 11 Juni 2013. 

"Tiba-tiba salah satu UFO jatuh. Saya pun langsung mengejarnya, dan menemukan tubuh alien ini terperangkap di dalam bongkahan UFO. Lalu, saya mengangkat tubuh alien itu dan membawanya pulang ke rumah untuk dimasukkan ke dalam lemari es," lanjut Li. 

Foto-foto hasil postingan Li pun memicu banyak spekulasi, banyak yang mempertanyakan kebenaran alien itu di situs jejaring sosial China. 

5. Dua Penampakan UFO di Langit Inggris    

Seorang fotografer dari Basingstoke, Inggris, berhasil memotret dua UFO melayang di langit kota Bracknell, Inggris. Saat itu, Steve Lambert sedang berada di teras sebuah kedai minuman dan tiba-tiba melihat dua cahaya di langit sekitar pukul 20.00 waktu setempat. 

"Dua benda itu bergerak dari aras selatan ke barat. Kecepatannya melebihi pesawat normal," kata Lambert.  Awalnya, Lambert memposting foto-foto UFO hasil jepretannya di media sosial Facebook dan mencari saksi-saksi lain yang juga melihat penampakan UFO pada malam itu. 

"Saya telah melihat banyak hal-hal menarik di langit dan selalu mengambil fotonya dengan cepat menggunakan ponsel," ujar Lambert.  Beberapa minggu sebelumnya, seorang wanita di kota Bromley, Inggris, juga berhasil melihat UFO. Wanita yang tidak mau disebutkan namanya itu, dilaporkan mendengar suara keras sebelum melihat benda misterius itu. 

"Tiba-tiba ada suara keras di belakang rumah saya. Ketika melihat keluar jendela, di kejauhan saya melihat sebuah pesawat besar yang dipenuhi oleh lampu-lampu," ujar wanita itu. 

6. Angkatan Udara Peru Bentuk Tim Pemburu UFO  

Di 2013, penampakan benda-benda aneh di langit Peru yang banyak dilaporkan warga ke media-media. Dari laporan media, banyak warga di kota Marabamba, Andes, Peru, melihat benda-benda bercahaya di langit Peru.  Angkatan Udara Peru melaporkan telah membentuk tim khusus yang bertugas untuk meneliti fenomena udara anomali, khususnya penampakan UFO. 

"Bagi orang-orang yang menemukan fenomena-fenomena aneh di langit dan menyebabkan kekhawatiran, silahkan laporkan ke lembaga kami untuk diteliti dan dipelajari lebih lanjut," kata Kolonel Julio Vucetich, dari Angkatan Udara Peru.  Vucetich menambahkan, tim khusus yang akan melacak keberadaan UFO ini diberi nama Department of Investigation of Anomalous Aerial Phenomena (DIFAA). 

"Di dalam DIFAA terdapat sejumlah sosiolog, arkeolog, astronom, dan personil angkata udara. Semua bekerja sama untuk menganalisis segala yang terkait dengan penampakan UFO, mulai dari di mana penampakannya, seberapa sering penampakan UFO tersebut, dan sebagainya," ujar Vucetich. 

7. Benda Diduga UFO Nyaris Tabrak Pesawat Airbus di Inggris  

Sebuah benda misterius yang diduga UFO terlihat terbang di tas wilayah Berkshire, Inggris, sekitar 20 mil jauhnya dari bandara terdekat, Heathrow International Airport. 

UFO itu dilaporkan nyaris menabrak sebuah pesawat terbang Airbus A320. Kapten pilot dari maskapai yang tidak disebutkan namanya itu mengaku melihat objek terbang tak dikenal berwarna perak mengarah ke kokpit pesawat yang berada di ketinggian 34 ribu kaki.  Dalam laporan itu juga diungkapkan percakapan di dalam kokpit pesawat saat kejadian. 

"Apakah Anda melihat itu?," tanya sang kapten pada co-pilot di sebelahnya. "Melihat apa?" jawab co-pilot kebingungan, kemudian berpikir ada kesalahan dengan pesawat mereka. 

Sebenarnya temuan UFO itu terjadi pada Juli lalu dan baru dilaporkan pada pekan ini kepada UK Airprox Board. Menurut sang kapten, apa yang dilihat adalah objek terbang berbentuk seperti cerutu atau bola rugbi, terbuat dari logam berwarna perak. 

Investigator yang menyelidiki kejadian ini, tidak menemukan jejak pesawat apapun yang berada di area tersebut pada saat itu.