Home » » Cumi-Cumi Raksasa Tertangkap Di Jepang (Video)

Cumi-Cumi Raksasa Tertangkap Di Jepang (Video)


Shigernori Goto tak pernah menyangka, ia akan mendapat tangkapan besar. Nelayan Jepang itu kaget bukan main saat mengangkat jaring yang dipasang di kedalaman 69 meter, di lepas pantai Pulau Sadogashmia di Prefektur Niigata.

Seekor cumi-cumi raksasa terperangkap di jaringnya. Panjang makhluk itu mencapai 5,7 meter, beratnya mencapai 150 kilogram. "Ini kali pertamanya aku melihat cumi sebesar ini," kata dia seperti dikutip dari Epoch Times, Senin (13/1/2014).  Hewan cephalopoda besar itu awalnya masih hidup.

Namun saat diangkat ke darat, ia mati.  Para peneliti di institut riset Niigata mengatakan, jarang cumi hidup bisa dibawa ke daratan. Makhluk raksasa pernah dianggap mitos sebelum mulai terlihat pada tahun 2006 .

Mereka ada di antara invertebrata terbesar di dunia.  Secara anatomi, cumi raksasa itu tak beda dengan cumi biasa. Hanya lebih besar. Matanya sebesar piring makan. 

Stasiun televisi Jepang FNN-News mengabarkan, meski berdaging banyak, cumi itu tak layak dikonsumsi. Itu adalah cumi terbesar kedelapan yang ditemukan selama beberapa tahun terakhir. 

Cumi terbesar yang pernah ditemukan tercatat memiliki panjang 43 kaki atau 13 meter dengan bobot hampir 1 ton. Bahkan beredar rumor, pernah muncul cumi sepanjang 66 kaki atau 20 centimeter. 

"Mungkin orang mengira, makin besar hewan, makin gampang ia kelihatan. Namun lautan itu luas dan dalam, cumi raksasa hidup di kedalamannya. Mereka sulit dipahami dan jarang dijumpai. Sebagian besar dari apa yang kita ketahui berasal dari bangkai mati yang mengapung ke permukaan dan ditemukan oleh nelayan, demikian menurut Smithsonian National Museum of Natural History. 

Legenda Kraken  

Kemunculan cumi raksasa dan makhluk laut aneh lainnya membuktikan satu hal: laut masih menyimpan rahasia dan misteri.  Bukan tak mungkin, 'monster-monster' laut sejatinya ada. Salah satunya, Kraken, yang konon mirip cumi-cumi raksasa. Ia sanggup menelan kapal besar atau paus hanya dalam sekali buka mulut.  Legenda Kraken hidup selama ribuan tahun.


Meski terdengar fiksi, Kraken muncul dalam buku sejarah alam Norwegia, 'Natural History of Norway' terbitan tahun 1752 yang dikarang Uskup Borgen, Erik Pontoppidan. 

Beberapa tahun lalu seorang peneliti mengklaim, ia telah menemukan bukti bahwa mahluk mistis itu benar-benar ada. Adalah Mark McMenamin, paleoantologis dari Mount Holyoke College, Massachusetts, yang mengaku menemukan sisa-sisa mahluk laut, di mana Kraken diduga kuat berada di balik kematian mereka.