Home » » Fosil Ikan Terbesar di Dunia Ditemukan

Fosil Ikan Terbesar di Dunia Ditemukan


Para ilmuwan telah menemukan fosil ikan raksasa yang memiliki panjang 52 kaki (sekira 16 meter) atau setara dengan panjang kolam renang ukuran Olimpiade. Makhluk besar pemakan plankton bernama Leedsichthys itu diyakini hidup pada 160 juta tahun yang lalu bersamaan dengan dinosaurus.

Peneliti dari University of Bristol di Inggris meyakini, pertumbuhan ikan ini bisa mencapai sekira sembilan meter dalam 20 tahun. Akan tetapi, setelah menginjak usia 38 tahun pertumbuhan akan terhenti sampai 16,5 meter saja. Ukuran ini jelas melampaui panjang ikan paus masa kini.

Spesies ini pertama kali ditemukan oleh Alfred Nicholson Leeds pada 1886. Ikan yang memiliki berat hingga 21,5 ton atau sekira 19504 kilogram (kg) ini diduga mampu bertahan hidup hingga 40 tahun. Dengan mulutnya yang besar, Leedsichthys dapat menyedot ribuan ikan kecil termasuk udang dan ubur-ubur sekaligus.

Dilansir Daily Mail, Rabu (24/7/2013), Profesor Jeff Liston dari University of Kunming di China dan University of Bristol School of Earth Science mengatakan bahwa keberadaan ikan besar ini sangat penting karena akan menjadi bukti yang jelas dari perubahan populasi plankton di lautan.

“Hal ini memiliki implikasi bagi pemahaman kita tentang produktivitas biologi di samudera modern dan bagaimana perubahan produktivitas dari waktu ke waktu. Kami sudah melihat berbagai spesimen mereka yang menyerupai cincin pertumbuhan pada pohon untuk menentukan usia serta ukurannya,” ujar Liston.

“Menariknya, ikan ini memiliki struktur yang unik pada insangnya untuk membantu mengekstrak plankton dalam melewati mulutnya. Ini berfungsi seperti jaring pukat yang efektif, mengingat ukuran tubuhnya yang besar,” tutupnya.


Sumber : Okezone