Home » , » Peninggalan Nyata Blackbeard "Pirate of The Caribbean"

Peninggalan Nyata Blackbeard "Pirate of The Caribbean"

http://dailytorn.blogspot.com/
Belenggu besi yang dibalut tali peninggalan kapal Queen Anne's Revenge yang kandas tahun 1718

Kisah bajak laut ternama dari Karibia ternyata bukan kisah film Hollywood semata. Pengungkapan hasil penelitian artefak dari kapal Queen Anne's Revenge yang kandas tahun 1718, membuktikan adanya barang peninggalan dari Blackbeard, Pirate of The Caribbean nyata.

Kapal ini ditemukan arkeolog bersama dengan North Carolina Department of Cultural Resources di lepas pantai Beaufort, North Carolina, kala 1995. Namun, barang-barang peninggalannya baru dipastikan milik Blackbeard pada 2011 silam.

Selama kurun waktu satu dekade, artefak dari kapal ini dipulihkan dan disimpan di East Carolina University, Greenville, North Carolina. Salah satunya adalah belenggu besi yang digunakan untuk mengungkung budak dalam perjalanan menuju Dunia Baru, tawanan untuk tebusan, atau sebagai bentuk hukuman pada anak buah kapal. Belenggu ini dibungkus dengan tali agar tidak bisa dicongkel oleh tahanan.

Tapi perangkat ini nampaknya bukan artefak asli milik Blackbeard, melainkan berasal dari masa pra-Queen Anne's Revenge. Kapal ini dulunya merupakan kapal budak milik Prancis bernama Le Concorde

Blackbeard mengambil alih kapal Le Concorde pada 1717, menamainya ulang, dan menggunakannya untuk menebar teror di Laut Karibia hingga pantai kolonial Amerika.

Karir Blackbeard sebagai bajak laut kandas ketika ia tewas dalam pertempuran melawan Angkatan Laut Inggris pada 1718 di lepas pantai North Carolina. Namun, di balik sosoknya yang digambarkan menakutkan, kaum sejarawan menilai bukan kebiasaan Blackbeard untuk membunuh orang.