Home » » Misteri Suara "Dengungan" Yang Terdengar Di Seluruh Dunia

Misteri Suara "Dengungan" Yang Terdengar Di Seluruh Dunia

Ilustrasi

Selama bertahun-tahun sebuah misteri hingga kini belum terjawab. Keanehan yang berupa suara, seperti dengungan (The Hum) menjadi misteri lantaran hingga kini belum diketahui asal muasalnya. Dengungan itu sendiri, menurut kabar, santer terdengar di beberapa wilayah seperti Taos, New Mexico, Windsor, Ontario, Sydney, Australia dan Skotlandia. Konon, dengungan tersebut terdengar di daerah pedesaan dan pinggiran kota.

Dilansir Softpedia, Senin (29/7/2013), pada era 1970, sekira 800 orang di Bristol, Inggris, masyarakat mengeluhkan siang dan malam mereka mendengar dengungan misterius yang mengganggu dan membuat mereka menjadi sakit jiwa. Suara mendengung ini umumnya terjadi di area yang lebih sunyi daripada daerah perkotaan yang ramai.

Kurangnya polusi suara juga bisa menjelaskan mengapa dengungan aneh tersebut terdengar lebih keras pada malam hari. Live Science melaporkan, mereka yang mendengar dengungan ini mengatakan bahwa itu merupakan suara dengan frekuensi rendah dan menyerupai suara berdenyut atau gemuruh.

Para pendengar suara dengungan ini berpendapat bahwa audio aneh tersebut hampir seperti mendengarkan mesin diesel. Para peneliti mengatakan, dengungan ini terus mengganggu, sehingga beberapa orang mengalami mual, sakit kepala, pusing, bahkan mimisan.

Dampak yang lebih parahnya lagi, lanjut peneliti, mereka yang mendengar suara tersebut menjadi tidak bisa tidur. Diketahui bahwa suara tersebut terdeteksi dari dalam ruangan.

Menurut peneliti, para pendengar dengungan misterius ini berusia sekira 55 dan 70 tahun. Peneliti tidak bisa menjelaskan asal-usul suara tersebut. Selama bertahun-tahun peneliti menyelidiki fenomena ini, namun upaya mereka terbukti sia-sia.

Beberapa ilmuwan mengatakan bahwa dengungan tersebut mungkin disebabkan oleh saluran listrik, perangkat nirkabel atau komponen lain dari peralatan. Ilmuwan lainnya juga  mengungkapkan bahwa terdapat kegiatan seismik (gempa bumi).