Home » » Arkeolog Ungkap Arca Manusia Tertua

Arkeolog Ungkap Arca Manusia Tertua


detail berita
Arca Manusia Tertua Di dunia
Para arkeolog dikejutkan dengan penemuan patung manusia yang terbuat dari tanah liat (arca) saat melakukan penggalian di goa Can Sadurni, Begues Barcelona.

Dikutip dari Pasthorizonspr, Selasa (30/10/2012), arca itu diperkirakan berkaitan dengan aktivitas manusia di jaman Neolitik. Selain menemukan Arca itu, peneliti dari CIPAG yang telah bekerja selama 34 tahun juga menemukan bukti dari proses produksi dan konsumsi bir di tempat yang sama dengan penemuan arca.

Melalui penemuan ini, para arkeolog dapat menunjukan bahwa goa Can Sadurni di masa lalu merupakan  lokasi peristiwa ritual penting, di mana tempat tersebut digunakan untuk berkumpul dalam kegiatan tertentu seperti pernikahan, ekonomi, dan diskusi.

Arca ini dibuat pada awal dari Neolitik Tengah, meski hanya menyisakan bagian leher dan lengan kanan, penemuan itu benar-benar menjelaskan bahwa arca merujuk pada sosok manusia. Arca yang memiliki ukuran 8 sentimeter sesungguhnya memiliki ukuran 16-18 sentimeter. Apabila diperhatikan dengan cahaya miring, Anda dapat melihat ukiran goresan yang nampaknya mewakili unsur pakaian atau ornamen.
patung itu ialah laki-laki.