Home » » Iran Buat Penghargaan Serupa Nobel Untuk Ilmuwan Muslim

Iran Buat Penghargaan Serupa Nobel Untuk Ilmuwan Muslim

http://img.antaranews.com/new/2012/10/ori/20121014bendera_iran.jpg
Pemerintah Iran berusaha mendorong prestasi ilmuwan Muslim dengan memberikan penghargaan serupa Nobel setiap dua tahun sekali. (www.wikipedia.org)

Iran mengumumkan rencana untuk memberikan penghargaan serupa Nobel di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi kepada para ilmuwan Muslim.
    
Penghargaan yang disebut "Great Prophet World Prize" itu menurut Wakil Presiden Iran untuk Ilmu dan Teknologi, Nasrin Soltankhah, ditujukan untuk mendorong prestasi ilmuwan Muslim di tataran global.

"Penghargaan ini akan diberikan dua tahun sekali bagi ilmuwan Muslim di dunia pada tiga bidang teknologi yang berkembang pesat di Iran," kata perempuan wakil presiden itu pada Sabtu (13/10) seperti dikutip Kantor Berita Fars.

Dia menyebutkan, Iran telah meraih pencapaian dalam beragam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, dari nuklir, sel punca, produksi obat, sampai nanoteknologi.

Ilmuwan Iran antara lain telah mensintesis 15 jenis zat radioaktif untuk keperluan diagnosis dan pengobatan pasien; juga menghasilkan obat untuk penanganan  osteoporosis, hemophilia, serta kanker payudara dan kulit.