Home » » Burung Finch Ditemukan Setelah 80 Tahun Hilang

Burung Finch Ditemukan Setelah 80 Tahun Hilang


foto
Burung finch hijau
Burung ini hilang selama 80 tahun dan kini ditemukan kembali. Burung Sillem''s Mountain Finch ditemukan di dataran tinggi Tibet oleh fotografer wildlife Perancis, Yann Muzika yang sedang tracking di lembah Yenigou, Propinsi Qinghai, Cina.

"Saya datang di kawanan burung Tibetan Rosefinches. Dan saya menemukan satu burung yang tak pernah saya kenali. Saya mengambil gambarnya sebelum burung itu pergi," ujar Muzika. Kemudian berdasarkan riset data, fauna ini teridentifikasi sebagai Sillem''s Mountain Finch yang pernah terlihat 1929.

Segera data-data itu ia kirim ke Oriental Bird Club yang mengelola data gambar burung oriental. Kini mereka yakin bahwa jenis tersebut adalah burung yang telah lama tak terdeteksi keberadaannya. Lebih-lebih ketika Kees Roselaar memberi pernyataan, "Fantastik. Akhirnya Sillemi terbukti masih ada!"

Finch gunung menjadi teka-teki sejak penemuannya tahun 1929 dahulu. Setidaknya karena satwa ini tidak teridentifikasi sampai 1992.

Dua spesimen burung abu-abu dan putih dengan kepala kemerahan sebesar burung pipit ini telah dikoleksi oleh ornotolog Belanda, Jerome Alexander Sillem ketika ia melakukan ekspedisi ke pegunungan Karakoram pada 1929 lalu.

Wilayah ini adalah perbatasan yang menjadi sengketa Cina, India dan Pakistan. Bahkan tempat ini bukan daerah yang kerap dikunjungi oleh pengamat burung.

Spesimen burung ini diidentifikasi sebagai ras Brandt Finch Gunung (Leucosticte brandti) dan tersimpan rapi di Museum Zoologi Amsterdam. Tahun 1992, ornitolog modern Belanda, Kees Roselaar menemukan dokumen itu dan kemudian mengganti namanya menjadi Leucosticte sillemi, sesuai dengan nama penemunya.

Bulan Juni 2012 lalu, burung ini ditemukan di 1500 km ke timur dari posisi pertama kali ditemukan pada 1929. Klub Burung Oriental kini mendesak para pengamat burung untuk mencari jenis ini pada ketinggian 5ribu meter di sabuk pegunungan Pakistan, Cina dan Tibet ini.