Home » » Spesies Baru Kumbang Tanpa Kepala Ditemukan

Spesies Baru Kumbang Tanpa Kepala Ditemukan


foto
Kumbang kotoran yang banyak ditemui di Afrika. Dailymail.co.uk
Para ilmuwan mengklaim telah menemukan spesies baru kumbang kecil (kepik). Uniknya, kumbang ini bisa memasukkan kepalanya ke dalam tubuh seperti laiknya kura-kura.

Ross Winton, seorang entimolog di Montana State University (MSU), menemukan kumbang tersebut sedang mendirikan perangkap di sebuah gundukan pasir di barat daya Montana. Awalnya ia mengira serangga coklat kecil itu hanya bagian dari seekor semut atau kumbang yang kehilangan kepalanya.

Namun setelah diteliti lebih lanjut, Winton mengidentifikasi kumbang yang memiliki panjang 1 milimeter itu sebagai kepik jantan. Dan uniknya, kepik ini tanpa kepala. Kepalanya tersembunyi di dalam sebuah tabung di rongga dada, laiknya kura-kura yang kepalanya terselip kembali ke cangkang.

Sementara si kepik betina serupa sebelumnya ditemukan di Idaho. Penemuan Winton ini memungkinkan peneliti mengkonfirmasi bahwa dua spesimen ini adalah spesies baru. Mereka menamakannya Allenius iviei.

"Spesies ini tidak biasa bukan hanya karena ukurannya yang kecil, habitat unik, dan langka tetapi kenyataan bahwa kepalanya ditarik kembali ke dalam tabung di dada," ujar Michael Ivie, entimolog MSU dan mantan penasehat Winton.

Spesies kecil ini hanya ditemukan satu jantan dan satu betina, sehingga memenuhi syarat bahwa fauna kecil ini adalah spesies yang cukup langka di Amerika Serikat.