Home » » Nokia Pensiun dari 5 Besar Produsen Handphone

Nokia Pensiun dari 5 Besar Produsen Handphone


detail berita

Transisi Nokia untuk meninggalkan sistem operasi Symbian dan beralih ke Windows Phone harus dibayar mahal. Pasalnya, pembuat telefon genggam yang pernah jadi terbesar di dunia itu kini harus pensiun dari peringkat 5 besar.

Dilansir dari AllThingsD, Sabtu (27/10/2012), pada survei IDC kuartal kedua tahun ini, Nokia masih berada di peringkat ke-tiga pembuat telefon genggam terbesar dunia. Namun hasil survei kuartal ke-tiga berkata lain.

Survei kuartal ke-tiga IDC mengungkap vendor asal Finlandia ini bahkan tidak berhasil bertengger di peringkat 5 besar. Sementara itu kekalahannya itu telah mendongkrak dominasi dua raksasa smartphone yaitu Samsung dan Apple.

Pada kuartal ke-tiga, Samsung mengapalkan 56,3 juta smartphone secara global. Perusahaan asal Korea Selatan ini memperoleh pangsa pasar 31,3 persen.

Sementara itu, Apple telah mengapalkan 26,9 juta smartphone untuk mengklaim pangsa pasar sebesar 15 persen. Angka ini meningkat ketimbang 13,8 persen pada kuratal ke-tiga tahun lalu.

Di bawah kedua raksasa smartphone itu, peringkat 5 besar versi IDC mencatat berturut-turut nama Research in Motion (RIM), ZTE dan HTC.

RIM mengklaim posisi ke-tiga dengan pangsa pasar 4,3 persen. Lalu dilanjutkan oleh ZTE dengan pangsa pasar 4,2 persen di peringkat ke-empat dan HTC di peringkat ke-lima dengan pangsa pasar 4 persen.